idAthena – Open Source Ragnarok Server Emulator Berbahasa Indonesia

NOTE: This post is made exclusively for Bahasa Indonesia, that why this post is not using English.

Apakah kalian tertarik untuk membuat Ragnarok server offine sendiri?

Tetapi bingung untuk menentukan emulator ragnarok server mana yang ingin kalian gunakan?

Apa itu idAthena?

Mungkin sudah banyak yang mengetahui tentang eAthena, rAthena, 3CeAM, atau sampai emulator open-source berbayar seperti yang dilakukan oleh developer team dari eAmod, atau juga Valhalla. Tidak ada salahnya sebagai player Indonesia, dan tertarik untuk membuat server sendiri, kita bisa menggunakan emulator yang dikembangkan oleh developer Indonesia, idAthena. Penggunaan idAthena bersifat regional, target penggunanya adalah orang-orang Indonesia sendiri, seperti regional emulator lain, contohnya ruAthena di Russia dan brAthena yang menggunakan bahasa Brazil/Portugese.

Mengapa menggunakan idAthena?

Selain idAthena dikembangkan oleh developer dari Indonesia, kini idAthena dalam proses menerjemahkan dari emulator yang berbahasa Inggris menjadi Bahasa Indonesia. Tentu ini akan membantu pengembang private server yang lebih tertarik dan mudah memahami Bahasa Indonesia daripada bahasa asing. Keseluruhan NPC scripts yang menggunakan Bahasa Indonesia, juga akan membantu pemain yang kurang mengerti Bahasa Inggris yang digunakan oleh eAthena, rAthena, ataupun 3CeAM.

Memang nama idAthena belum begitu booming dalam dunia Ragnarok emulator. Jujur saja, saya sebagai penulis dan juga sebagai private developer baru mengenal idAthena belum lama ini, sekitar 2 sampai 3 bulan yang lalu. Emulator yang bersifat global yang mendominasi saat ini adalah rAthena, yang sudah menggusur kejayaan eAthena yang tidak begitu meng-update renewal system yang dianut Aegis. Terlebih lagi idAthena sempat vakum dari pengembangannya, mungkin ini yang membuat komunitas dari idAthena tidak begitu terekspos bahkan dikalangan private developer di Indonesia.

Lalu, bagaimana perbandingan antara idAthena dengan ragnarok emulator lain?

Sebenarnya, idAthena adalah pengembangan emulator untuk regional Indonesia, yang tentu seharusnya menerjemahkan dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia. idAthena dalam banyak porsi di tubuhnya, mengikuti update yang terjadi pada rAthena yang jelas-jelas berusaha melakukan update mengikuti Aegis (official emulator, close source) dan update yang dilakukan kRO dan iRO. Namun kini, karena banyak pembaruan dan inovasi yang dilakukan oleh banyak server, idAthena juga ikut meng-update dirinya bereferensikan emulator tersebut, sebut saja Hercules. Jadi, idAthena selain melakukan terjemahan dan mengikuti rAthena, idAthena juga mengikuti update dari Hercules dan tentu juga ada pengembangan sendiri dari idAthena, setidaknya untuk saat ini.

Dimana saya bisa mengakses idAthena?

idAthena memiliki website forum sendiri di http://idathena.com/, di sana sudah disediakan link-link yang penting untuk changelog dari idAthena, Wiki, dan SVN untuk file idAthena. Namun untuk Wiki, idAthena belum mempublikannya kembali.

Jika saya menggunakan idAthena, apakah idAthena support dengan modifikasi untuk rAthena?

Tentu, karena idAthena tidak banyak berbeda dengan rAthena. Pada dasarnya, semua custom modification untuk eAthena, 3CeAM, Hercules, atau emulator lain, tetap bisa digunakan di idAthena, tentu dengan sedikit penyesuaian.

Apakah Source Modification yang PServeRO berikan bisa digunakan di idAthena?

Seharusnya, iya. Tetapi, untuk saat ini, PServeRO belum membuat patch/diff file untuk idAthena. Mungkin beberapa hari lagi, PServeRO akan membuat patch/diff file untuk emulator garapan pejuang bangsa ini.

Bisakah PSeveRO membuatkan tutorial membuat server berbasiskan idAthena?

Tentu. Liat post berikutnya: “Cara membuat Server Ragnarok Offline sendiri menggunakan idAthena”

Tell your friends

2 Replies to “idAthena – Open Source Ragnarok Server Emulator Berbahasa Indonesia”

    1. kalo reponya sendiri masih aktif kk, dipegang ama Exneval. tp klo website, udah lama enggak. Kalo fanbase, kaya grup FB gtu, saya jg krg tau.

Leave a Reply